30 Agu 2015

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan_PUSAT PEMBUATAN MINYAK KECETIT
Monumen Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu dan Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.

Monumen berbentuk Tugu ini didirikan di bekas reruntuhan Gedung Raad Van Justitie (kantor pengadilan tinggi) yang di bangun belanda.

Pada masa pemerintahan Belanda kota surabaya memiliki dua kantor Pengadilan Tinggi.  Kantor Pengadilan Tinggi di sawahan (yang sekarang menjadi jalan arjuna) dan kantor Raad Van Justitie di aloen-aloen straat (jalan pahlawan). Raad Van justitie ini diperuntukan untuk mengadili orang-orang eropa atau diluar etnis eropa yang melakukan kejahatan berat.

Pada masa pemerintahan Jepang gedung Raad Van Justitie digunakan sebagai markas kenpetei. Kenpetei merupakan satuan polisi militer jepang yan terkenal kejam. Pada saat kekalahan jepang terhadap sekutu, gedung Raad Van Justitie  ini diserang habis-habisan oleh pemuda-pemuda surabaya yang meluampiskan amarahnya terhadap kekejaman kenpetei.

PETA LOKASI... Klik disini

GEDUNG Raad Van Justitie_PUSAT PEMBUATAN MINYAK KECETIT
Dalam lingkaran tampak foto Gedung Raad Van Justitie ( Kantor Pengadilan Tinggi Tempo Doeloe )


Koleksi Foto Tugu Pahlawan lainnya

Tugu-Pahlawan1-PUSAT-PEMBUATAN-MINYAK-KECETIT Tugu-Pahlawan2 Tugu-Pahlawan4 Tugu-Pahlawan3 Tugu-Pahlawan5
Untuk melihat ukuran lebih besar... KLIK pada masing-masing Gambar di atas

Sumber : https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com/2013/08/03/tugu-pahlawan-raad-van-justitie/

0 komentar:

Posting Komentar